Sabtu, 06 April 2013

Ini Dia, Alasan Pria Tertidur Usai Bercinta

 
 
 
image
ilustrasi: lensaindonesia.com
Tak lagi jadi rahasia, pria seperti perumpamaan "Habis manis sepah dibuang". Menikmati rasanya puas, lalu terkulai lemas di samping Anda yang memandangnya dengan tatapan sebal setelah orgasme. Ia tampak terlihat tak peduli, sementara Anda mengharapkan sebuah pelukan, kecupan atau sekedar ucapan "terima kasih ya, sayang"
Lalu, apa yang membuat pria tertidur setelah bercinta? Jawabannya, karena durasi kepuasan yang diperoleh pria dan wanita tidaklah sama. Meski sebenarnya, serangan kantuk juga dialami wanita, namun jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan pria. Lelah dan habis daya dan energi adalah beberapa alasan pria ketika pasangannya mengeluh.
Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Prancis, dengan memindai otak beberapa pria yang diteliti, sebelum dan sesudah mereka berhubungan seksual, menemukan bahwa otak pria di bagian cerberal cortex, berperan membuat pria langsung istirahat setelah mencapai orgasme. Selain itu, hormon serotonin yang mengalir deras ke otak setelah seks hebat, adalah salah satu penyebab pria lantas pulas setelah bercinta.
Namun, menurut Serge Stoleru, salah satu peneliti, seperti dilansir dari Tempo, mengatakan, hal yang berbeda justru terjadi pada otak wanita. "Otak wanita tidak membutuhkan jeda setelah orgasme. Ini yang membuat wanita bisa bercinta lagi meski pasangannya butuh istirahat," ungkapnya.
Selain itu, hasil penelitian serupa yang pernah dilakukan di tahun 2005 diperoleh bahwa laju darah pasca-klimaks memicu otot menghasilkan glycogen. Mengingat, pria memang miliki otot lebih banyak daripada wanita, sehingga pria lebih cepat lelah setelah olahraga panjang.
Alami
Pria tertidur usai bercinta adalah hal yang sangat alamiah. Menurut dr. Anita Gunawan Sp. And, spesialis andrologi dan konsultan seks, tertidur merupakan pertanda pria mendapatkan kepuasan abadi. "Itu artinya, pria mendapatkan orgasme yang sesungguhnya, baik kepuasan fisik maupun mental. Bahkan pelepasan perasaan inilah yang akan lebih banyak berperan di sini," jelasnya.
Rasa puas yang didapat secara psikologis setelah mencapai orgasme membuat seseorang merasa tubuhnya nyaman. "Tubuh rileks dan nyaman membuat seseorang lantas teridur. Jadi alasan terbesar mengapa langsung tertidur setelah orgasme, karena merasa puas," imbuh Anita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.