Sabtu, 06 April 2013

Sering Masturbasi, Awas Kesuburan Terganggu

PRIA menyumbang sekira 48 persen kasus ketidaksuburan. Ini tentu disebabkan oleh banyak hal. Jika Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan ketidaksuburan pada pasangan, tentu pencegahan dapat dilakukan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Beberapa diantaranya mungkin hal yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai kebiasaan yang bisa membuat para pria menjadi tidak subur, seperti yang dikutip dari buku, Bayi Tabung Mempersiapkan Kehamilan, karya dr. Ivan R Sini, SpOG, terbitan Gramedia.

Masturbasi

Secara teori, masturbasi dapat mengurangi sperma pada pria yang jumlah spermanya sedikit, kemudian mengurangi kualitas semen yang dibutuhkan. Jika istri sedang dalam masa subur, tentu ini akan menjadi masalah, karena kualitas sperma menurun.

Mandi air panas

Sudah banyak teori yang menyebutkan, bahwa air hangat yang mengenau area testis dapat mengurangi produksi sperma. Pria yang sering berendam air hangat, bisa mengalami penurunan produksi sperma.

Gaya hidup

Gaya hidup dapat memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Selain itu, lingkungan yang penuh racun atau bahan kimia, dapat memengaruhi kualitas sperma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.